Blogger news

TIPS SEDERHANA MERAWAT MOTOR KLASIK

Memiliki motor tua adalah sebuah kesenangan dan kebanggaan tersendiri, apalagi jika tahun pembuatannya semakin tua misalkan anda punya Honda CB tahun 1970. Akan tetapi memiliki saja tentu belum cukup, Motor tua yang sering ngadat dan mogok juga malah menimbulkan stress dan taruma pada pengendaranya. Karena bukan hanya masalah waktu saja, tetapi juga masalah pengeluaran yang tentu saja tidak sedikit unutk memperbaikin kondisi motor yang sudah turun mesin. Padahal sesungguhnya membuat motor klasik kita tidak cepat rusak adalah masalah ketelatenan saja. Kebanyakan orang - orang yang motor tuanya sering bermasalah adalah orang - orang yang tidak telaten dalam perawatan.Mungkin orang - orang tersebut menganggap motor mereka sama kuatnya dengan motor - motor bebek tahun 2000an.Tentu saja sangat berbeda, motor tua tidak bisa disamakan dengan motor - motor keluaran era 2000an, motor tua perlu perhatian yang lebih dalam perawatannya.

Tips and trik kali ini ingin membagikan tips sederhana, bagaimana anda melakukan perawatan agar motor klasik kesayangan anda terus terjaga kondisinya dan jarang bermasalah.

1. GANTI OLI
Tidak seperti motor bebek, yang satu tahun bisa tidak ganti oli, motor-motor tua tidak bisa seperti itu.Anda harus menyiapkan budget anda untuk minimal per 2 minggu mengganti oli motor anda.Rutin mengganti oli akan membuat mesin anda tidak cepat aus dan panas. 

2. BAHAN BAKAR MIN PERTAMAX 
Bahan bakar yang  memiliki oktan tinggi, membuat mesin bisa menerima tekanan pada mesin berkompresi tinggi, sehingga dapat membuat piston bekerja lebih optimal.Pada kasus motor tua, jika anda menggunakan BBM premium atau BBM eceran (hati - hati campuran air), tentu akan membuat kerja piston anda tidak optimal, karena sifat kerjanya adalah terbakar dan meledak tidak sesuai dengan gerkan piston. Hal inilah yang disebut dengan istilah knocking. Jika anda benar - benar pecinta motor klasik sejati jangan pelit dengan motor anda, ingat semakin anda bisa merawat motor anda, semakin tinggi nilai tambah motor tersebut. rekomendasi kami, Gunakan lah bahan bakar Shell dan tinggalkan lah bbm bersubsidi.

3. HINDARI GUYURAN AIR.
Kebanyakan kasus motor tua yang mogok adalah justru saat setelah di cuci. kenapa?karena air yang disiram menggunakan selang masuk ke celah - celah karburator, dan mengendap disana. Tentu ini akan membuat motor anda mogok karena bahan bakar sudah bercampur dengan air. Tips dari kami Jika anda ingin mencuci motor anda, jangan menggunakan selang, siram saja pelan - pelan dengan gayung atau ember. Juga jangan lupa untuk menutup lobang karburator anda dengan plastik sebelum mencuci. Hindari juga berjalan dalam keadaan hujan, karena sudah pasti kemungkinan besar motor anda akan mogokkarena tangki bensin mungkin sudah kemasukan air, dan cara memperbaikinya adalah dengan menguras ( tidak mungkin kan anda lakukan di jalan? ).

4. SERVICE RUTIN
Harga mati untuk motor tua adalah service rutin, percayalah jika anda mulai teledor melakukan ritual yang satu ini, Mesin anda sudah terancam turun mesin.Bawalah bengkel khusus motor klasik, karena biasanya montir motor tua lebih tau dengan pasti masalah - masalah motor tua dan tepat penanganan.Jangan juga lupa untuk langsung melakukan serice Saat anda sebelum dan selesai melakukan turing, itu untuk menjaga kenyamanan perjalan anda , dan memastikan kondisi motor prima kembali.

Sekian tips-tips sederhana dari kami, pastikan lakukan saja ke empat hal diatas, jaminan bahwa motor anda selalu dalam keadaan sehat pasti di tangan anda. Saran kami untuk anda penggunan motor tua, bawalah busi cadangan dan tali kopling saat berpergian. Selamat mencoba....

SENANG BISA BERBAGI DENGAN ANDA

 

 

1 komentar:

  1. Meski ribet hati tetap senang. hbs gimana lagi ? Senang dan puas itu mahal lohh

    BalasHapus